Leader Camp Ikatan Keluarga Pemuda (IKP) Sakti dengan tema "Merajut Rasa dan Integritas Terhadap Organisasi"




Dermaga Labuan Haji-Sekumpulan pemuda/i organisasi yang bernama Ikatan Keluarga Pemuda (IKP) Sakti mengadakan acara Leader Camp SAKTI dengan tema "Merajut Rasa dan Integritas Terhadap Organisasi". (13-14 Juli 2019)


Dalam acara tersebut, adapun kegiatan ini perkiraan diikuti oleh 40 peserta  dari berbagai perwakilan Desa masing-masing dan tidak lain juga pengurus yang mengadakan acara ini. Dengan tujuan yang paling khususnya yaitu mempererat tali silaturrahmi Ikatan Keluarga Pemuda (IKP) Sakti.
Agenda malam adapaun asupan-asupan materi terkait tema yang diambil dalam acara ìini yang diberikan oleh para pemateri. Pemateri Pertama dari Abdul Qadir Jaelani dengan tema "Leadership", yang dimana seperti yang kita ketahui artinya adalah kepemimpinan. Tidak hanya laki-laki yang bisa menjadi pemimpin, terkait perkembangan zaman selain laki-laki perempuanpun bisa jadi pemimpin. Walaupun sudah ada penjelasannya di dalam Al-Qur'an dimana yang artinya "Sebaik-baik perempuan adalah yang diam di rumahnya". Hubungannya dengan Organisasi Ikatan Keluarga Pemuda dengan hal ini adalah harus pahami orang lain, paling tidak memahami bagaimana cara berbangsa dan bernegara. Peran dan fungsi Leader penjelasannya dalam Al-Qur'an ada lima yakni yang pertama; Sebagai saksi, kedua; Sebagai pemberi pertolongan, ketiga; Memberi peringatan, keempat; Sebagai penyampaian atau penyambung agama Allah, dan terakhir; Sebagai cahaya pelita. Sebenarnya ada kalimat yang memang sudah tidak asing untuk di dengar, sering membuat orang-orang terjebak didalamnya yaitu "Lihatlah apa yang disampaikan, jangan lihat siapa yang menyampaikan".


Harapan untuk Ikatan Keluarga Pemuda (IKP) Sakti "Harus tetap membawa visi misi, bagaimana membangun bahkan mengembangkan orang lain dari minat dan bakatnya, sehingga wadah ini adalah tempat mereka bernaung sehingga dapat mencetuskan generasi-generasi yang hebat tentunya. Tempat saling bahu-membahu dan tidak saling meninggalkan ketika dalam masalah, sehingga bersama dalam melakukan segala apapun dengan terbentuknya organisasi ini." ujar Abdul Qadir Jaelani.


Selain itu, adapun asupan materi dari pemateri kedua dari M. Sofyan Sauri, membahas tentang Manajemen Organisasi. Manajemen ini adalah seni dalam mengatur seseorang agar seseorang tersebut dapat menyelesaikan masalah. Sedangkan organisasi adalah sekumpulan organisasi yang mempunyai tujuan yang sama. Adapun maanfaat manajemen organisasi yang pertama adalah; Planning, Organizing, Leading, dan Controling.

Harapannya untuk IKP ini adalah "Agar tetap saling merangkul satu sama lain, memberdayakan masyarakat, mengembangkan daerah khusunya Sakra Timur, membantu masyarakat membangun ekonomi produktif dan membangun komunikasi dengan baik. Merangkul sebagai kekeluargaan dengan semboyan "Dendeq Saling Bilin", ujar M. Sofyan Sauri".

"Rencana kedepan untuk acara Ikatan Keluarga Pemuda (IKP) Sakti "Mengundang semua Kepala Desa Sesakra Timur, agara disana para pemuda/i melontarkan keluh kesahnya yang ditemukan di Desanya masing-masing. Dan setiap bidang membuat proposal, agar mendapat anggaran dari setiap pemerintah Desa sehingga anggarannya terkumpul maka disana akan direncanakan dan dirapatkan apa saja kegiatan yang akan dibuat dan dilakukan dengan dana tersebut untuk kedepannya", ujar Pak Kades Gelanggang Sugianto.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

O P I N I | Learn, Try & Do

Awas, Indonesia di Bawah Bayang-bayang Resesi Ekonomi